Yuk mengenal, Software desain grafis berbasis Bitmap


Dalam artikel sebelumnya ane sudah memberikan informasi tetang beberapa software desain grafis berbasis Vektor maka kali ini ane akan melanjuta informasi tetang beberapa software desain grafis yang berbasis Bimap seperti Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor dan Macromedia Fireworks.

Berikut ini adalah jajaran software desain grafis berbasis Bitmap

1.   GIMP


GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah software menanipulasi grafik yang berbasis raster. GNU artinya program itu dikembangkan dalam lingkungan open-source yang berlinsensi   GNU-GPL dibawah naungan Free Software Foundation. GIMP cocok digunakan dalam mengolah gambar, pengeditan foto, penggabungan foto, dan pembuatan gambar sendiri. GIMP merupakan program paint sederhana, program perbaikan foto yang berkualitas tinggi, sistem pemrosesan batch online, produksi masal render massal, konverter format gambar.

GIMP berjalan pada dekstop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License. GIMP pada awalnya dikembangkan untuk dekstop X11 yang berjalan di platform Unix. Namun saat ini software ini sudah diporting ke beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu MS Windows dan Mac OS.

Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan lainnya. GIMP turut menyediakan banyak plugin yang memudahkan kita dalam mengolah image dengan cepat. Yaitu multi-platform adalah bisa dijalankan di berbagai sistem operasi. Saat ini GIMP sudah bisa dijalankan di GNU/Linux, Apple MacOS-X, Microsoft Windows, OpenBSD, NetBSD, FreeBSD, Solaris, SunOS, AIX, HP-UX, Tru64, Digital UNIX, OSF/1, IRIX, OS/2 dan BeoS.

Menariknya GIMP dapat  mendukung banyak format gambar, termasuk JPG dan PNG yang sering gunakan. Format ini dapat dibuka dihampir semua image editor dan image viewer. Sehingga lebih memudahkan dalam mengolah desain grafis. Untuk penyimpanan dalam format mentah, GIMP memiliki file format sendiri yaitu XCF. Jika perlu, anda juga dapat menggunakan PSD format (format standar Photoshop).

2.   Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan jajaran software desain grafis berbasis bitmap yang top banyak digunakan oleh para desainer grafis dalam mengolah objectnya. Dimana, Adobe photoshop perangkat lunak yang digunakan untuk mengoreksi foto dan gambar dengan menambahkan efek.
Adobe photoshop ini memiliki kelebihan dalam kelengkapan fitur desain grafis dan olah fotonya. Toolbox yang tersedia dapat dipahami dan digunakan secara mudah dan cepat oleh pengguna walaupun belum berpengalaman sekalipun. Dalam penggunaan Layer untuk memisahkan antar komponen gambar dan teks juga sangat membantu desainer dalam menyusun dan mengolah desainnya. Dimana, dalam mempercantik gambar atau foto, Adobe photoshop menyediakan fitur Filter yang bisa dipakai secara instan. Untuk pengguna tingkat lanjut, fitur seperti Styles dan Blending Options memberikan keleluasaan bagi desainer untuk berkreasi secara maksimal sesuai kreativitasnya.

3.  Corel Photopaint


Corel photo paint merupakan salah satu software pengeditan suatu photo, dan merupakan salah satu penunjang saudaranya coreldraw dalam mengolah desain yang berbasis bitmap. Corel photopaint untuk pemakaiannya cukup sederhana dan mudah, walaupun pemakaiannya sederhana hasilnya begitu memuaskan.
Corel photo paint memiliki keunggulan dari pengeditan suatu backround, backround ini bisa di pariasikan sesuai keinginan, selain itu terdapat effectnya yang bermacam-macam, diantaranya texture, bagiannya seperti: brick wall,bubbles, canvas, cobblestone, elephan skin, etching, plastic, plaster wall, dan yang lainnya sehingga seseorang bisa mengedit photonya dengan lebih kreatif.
Menariknya pada corel photopaint ini, dapat membuka dan mengonveksi format vektor dari CorelDraw dan Adobe Illustrator ataupun membuka format lain, termasuk file ekstensi PNG, JPG, dan GIF. Softwarepun turut mendukung fungsi plug-in yang dikembangkan untuk platform Adobe Photoshop dan PaintShop Pro.

4.  Microsoft Photo Editor
Menurut wikipedia Microsoft Photo Editor adalah aplikasi manipulasi gambar untuk Windows 97–XP. Program ini telah digantikan oleh Microsoft Office Picture Manager, walaupun beberapa fitur Photo Editor tidak terdapat dalam Picture Manager. Fasilitas dalam software ini tidak selengkap fasilitas yang disediakan oleh program lainnya semisal Adobe Photoshop.
Ane sering menggunakan microsoft editor untuk meresize suatu object gambar secara singkat dan mudah walaupun fitur yang sediakan oleh microsoft patut untuk di coba.

5.  Macromedia Fireworks.



Macromedia Fireworks atau yang sekarang lebih dikenal Adobe Fireworks  adalah sebuah software untuk mengolah bitmap dan vector grapichs editor. Macromedia Fireworks sebenarnya dikembangkan menggunakan bagian dari Macromedia xRes, yang telah Adobe peroleh pada tahun 2005. Fireworks dibuat untuk web designer agar membuat prototipe website dan application interface dengan cepat. Selain itu, memiliki Fitur untuk memasukkan slices and kemampuan untuk menambahkan hotspot. Beberapa keunggulan yang ditawarkan program ini adalah adanya fasilitas untuk membuat dan mengolah grafik vektor, membuat animasi, serta menghasilkan dokumen dengan format HTML, selain image
Macromedia Fireworks didesain untuk dapat diintegrasikan dengan produk Adobe lainnya seperti Adobe Dreamweaver dan Adobe Flash. Macromedia Fireworks tersedia sebagai salah satu produk yang berdiri sendiri atau dibundle dengan Adobe Creative Suite.
Penggunaan Macromedia Fireworks diutamakan bagi web-desainer dengan latar belakang keahlian desain grafis yang melibatkan perangkat image editing. Untuk itu, dalam pengoperasian Fireworks diperlukan keahlian penggunaan software image editing lainya seperti Corel atau Adobe Photoshop.

Sekarang anda sudah mengetahui dan mengenal beberapa software desain grafis berbasis Bitmap yang banyak digunakan oleh para desainer grafis dalam mengolah karya editingnya.
Sekian dahulu informasi yang dapat ane bagikan semoga bermanfaat dan berkah terimakasih.


Thanks for your comment